GAME ANDROID : CLASH OF CLANS

GAME ANDROID : CLASH OF CLANS
Siapa sih yang tidak tahu clash of clans ?? , game yang sangat populer yang mendunia , termasuk indonesia , tidak hanya anak-anak tetapi orang tua pun main coc ,  Perpaduan yang seru antara genre castle defense, strategi dan simulasi adalah kata yang cocok untuk menggambarkan game Clash Of Clans. Clash Of Clans ini merupakan game dengan genre simulasi kedua setelah Hay Day yang dikembangkan oleh Supercell. Kalau menurut saya pribadi, Clash Of Clans lebih unggul dari pendahulunya Hay Day. Kenapa?? Karena sesuai dengan judulnya, Clash Of Clans mengusung 3 genre sekaligus dalam 1 game. Lengkapnya kamu bisa baca review ini.
Pada awalnya saya sempat berpikir, game freemium dengan genre simulasi (lagi)??? Pasti game ini akan terasa sangat membosankan jika saya sudah mencapai level yang tinggi. Tetapi setelah saya memainkannya beberapa waktu, rasa pesimis saya berubah menjadi adiktif. Ternyata Clash Of Clans menawarkan banyak sesuatu yang baru yang membuatnya berbeda dengan game simulasi lainnya.
GAME ANDROID : CLASH OF CLANS
Dalam game ini, kamu bukan hanya membangun bangunan-bangunan saja, lebih spesifiknya kamu harus membangun pertahanan yang kokoh untuk desamu. Kamu harus membangun meriam, menara pengawas, tembok pertahanan dan juga merekrut pasukan (barbarian, archer, goblin dan naga). Intinya, bukan seberapa ramai desa yang kamu buat, tapi seberapa kuat desa kamu untuk menahan serangan goblin dan pemain clash of clan lainnya dari seluruh dunia.
Cara memainkannya juga bisa dibilang cukup mudah. Seperti game-game simulasi pada umumnya, tidak ada banyak control yang digunakan, cukup dengan control tap saja. Misalnya kamu ingin membangun sebuah barrack untuk melatih tentara. Kamu cukup pilih bangunan yang bergambar barrack yang ada di dalam menu shop. Selain itu ada juga challenge yang bisa kamu selesaikan secara optional yang akan memberikan kamu reward berupa adalah exp dan juga gem. Challengenya dapat dibilang beragam mulai dari mengupgrade barrack tentara kamu, menghilangkan batu/rumput  sampai menghancurkan tembok desa musuh
GAME ANDROID : CLASH OF CLANS
Untuk membangun barrak tentara, menara pengawas atau bahkan mengupgrade bangunan yang sudah ada kamu membutuhkan elixir dan juga koin. Kamu bisa mendapatkan resource ini dengan 2 cara, yang pertama dari bangunan yang kamu buat di desa kamu, yang kedua adalah dengan mengambil koin dan elixir milik musuh baik goblin dan pemain Clash Of Clans lainnya.
Cara yang pertama memang sangat mudah dilakukan, karena kamu cukup membangun bangunan untuk mencari sendiri sumber daya seperti elixir dan koin itu. Misalnya untuk mengumpulkan elixir, kamu harus membangun elixir collector, sedangkan untuk mencari koin kamu bisa membangun gold mine. Namun, cara yang pertama ini memiliki kelemahan dari segi waktu. Waktu yang digunakan untuk mengumpulkannya sangat lama dan resource yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak.
Untuk kamu yang menginginkan resource itu dengan waktu yang relative singkat, kamu bisa menggunakan cara yang kedua. Untuk cara yang kedua ini memang terdengar sedikit ekstrim, karena kamu memang harus agresif untuk menyerang dan merampas sumber daya musuh kamu. Tetapi resource yang dihasilkan memang cukup banyak, so menurut saya impas lahh. :D
GAME ANDROID : CLASH OF CLANS
Fitur social networking yang cukup menarik dalam game ini adalah interaksi langsung lewat chatting. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk bercakap-cakap langsung dengan pemain lainnya secara langsung. Ada 2 tab dalam fitur chatting ini, yang pertama chatting dengan pemain global, dan yang kedua adalah tab chatting dengan Clan kamu (kamu harus terlebih dahulu memiliki clan). Karena fitur social networkingnya yang sangat baik ini, jadi wajar saja kalau game ini selalu membutuhkan koneksi internet untuk memainkannya.
Ada 2 mode dalam game Clash Of Clans ini, single dan multiplayer. Untuk yang pertama, kamu bisa melawan bangsa Goblin. Misalnya jika kamu sudah merekrut beberapa tentara, dan ingin menghancurkan bangsa goblin. Kamu tinggal pilih menu Attack yang terdapat di pojok kiri bawah, kemudian kamu bebas memilih desa goblin mana yang ingin kamu serang. Cara yang sama dapat kamu lakukan jika ingin menyerang desa pemain lainnya.
GAME ANDROID : CLASH OF CLANS
Perbedaannya, kalau dalam multiplayer kamu akan diberikan musuh secara random. Tidak seperti ketika ingin melawan bangsa goblin yang mengijinkan kamu untuk bebas memilih desa goblin mana yang ingin kamu serang. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, walaupun diberikan secara random. Musuh yang akan kamu hadapi akan sepadan dengan level kamu saat ini. Semakin tinggi level kamu tentu saja level musuh kamu pun semakin tinggi.
Kesimpulannya, Clash Of Clans memang game freemium yang seru. Grafiknya juga sangat menarik, karena karakternya sudah berbentuk 3D, begitu juga latar belakangnya. Selain itu adanya interaksi langsung lewat chatting benar-benar menjadikan game ini berbeda dari game simulasi pada umumnya. So, saya benar-benar sangat merekomendasikan game ini untuk kamu yang suka dengan genre simulasi, action, strategi atau bahkan castle defense apa lagi IAPnya juga tidak memaksa.
Clash of Clans
Supercell -  Oct 22, 2015
Genre:  Strategy
Size:   66 MB
Installs:   100,000,000 - 500,000,000
Gratis